Jual kain batik murah dengan kualitas terbaik

Kampung Batik Palbatu Cetak Rekor MURI

Share on :

Museum Rekor Indonesia (MURI) menganugerahi Kampung Batik Palbatu di Kelurahan Menteng Dalam, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan sebagai kampung dengan dinding rumah bermotif batik terbanyak di Indonesia.  Ratusan rumah di RW 04 kampung Palbatu dindingnya dilukis dengan motif batik dan aneka warna. “Ini merupakan penghargaan kedua dari MURI. Baru tiga RT yang dilukis dengan motif batik, kami targetkan hingga 15 RT,” kata Harry Domino, salah seorang penggagas Kampung Batik Palbatu.
Pada Juli 2011 sebelumnya MURI memberikan penghargaan kepada Kampung Batik Palbatu atas rekor sebagai pemrakarsa dan penyelenggara pengecatan jalan dengan motif batik terpanjang. Yaitu sepanjang  133,9 meter  yang dimulai dari Jalan Palbatu nomor 4. Walaupun penghargaan sebagai kampung dengan dinding bermotif batik tidak diserahkan langsung oleh Jaya Suprana. Warga Palbatu tetap merasa bangga kreatifitas mereka diapresiasi. Kata Harry semua kegiatan membatik di kampung ini dilakukan secara swadaya. Sehingga penghargaan dari MURI  cukup mereka rayakan dengan cara yang sederhana.Harry menjelaskan ide melukis dinding rumah dengan motif batik dari warga Palbatu. Menurutnya beberapa warga merupakan pengrajin batik. Setelah sukses dengan melukis batik di jalan, mereka menggerakkan anak muda Palbatu. Untuk mengembangkan kreatifitas melukis batik di dinding rumah. “Selain bisa menyalurkan bakat corat-coret artistik, mereka turut melestarikan budaya batik,” tutur Harry, Sabtu (5/5).
Bekerja sama dengan Dulux,  warga kampung Palbatu menggelar Jakarta Batik Carnival. Acara digelar selama dua hari mulai tanggal 5 hingga 6 Mei 2012. Dengan mengangkat tema  “Ayo Ngebatik” mereka mengajak masyarakat untuk belajar  bagaimana filosofi orang membatik dalam kehidupan sehari-hari. Sebanyak 20 pengrajin batik dilibatkan pada acara ini. Mereka membuka gerai batik di rumah masing-masing. Para pengunjung diberikan kesempatan untuk belajar membatik di  beberapa sanggar batik yang tersebar di sepanjang kampung. Seperti di Sanggar Setapak, pengunjung tidak hanya membatik di kain. Tetapi bisa melukis motif batik di pot, piring hingga kompor dari bahan aluminium. Selain itu Jakarta Batik Carnival turut melibatkan beberapa pedagang kuliner khas betawi. Pengunjung bisa mencicipi kerak telor, es selendang mayang, soto hingga es cendol khas betawi.
Kampung batik disini sebenarnya bukan sentra industri batik atau desa kerajinan pembuat batik seperti pekalongan, jogja dan solo, namun penghargaan karena menghias rumah dan jalan serta tembok warga dengan cat bermotif batik, menurut saya sangat kreatif dan ikut melestarikan budaya batik sebagai produk asli indonesia 
Sumber Republika.co.id

0 komentar on Kampung Batik Palbatu Cetak Rekor MURI :

Post a Comment and Don't Spam!